Anak Asia-Afrika, Anak Sehat Dunia

IMG_3761

Situasi Senam Seribu Anak Asia-Afrika. (Foto: Emeralda A)

Pagi ini pukul 07.00 (20/04) terdengar suara musik doraemon dari Jalan Cikapundung Timur. Ditelusuri ternyata sedang berlangsung senam 1000 anak sebagai salah satu rangkaian acara HUT KAA ke-59. Terlihat warna-warni seragam dari berbagai sekolah dasar di Bandung. Ada sekitar 20-25 orang setiap sekolah yang turut berpartisipasi dalam acara senam 1000 anak ini.

Meskipun bertajuk seribu anak, tetapi pesertanya jauh melampaui angka tersebut. Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika Thomas Ardian Siregar menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai lebih dari 1.800 orang.

Senam 1000 anak berlangsung sekitar 30 menit, setelah itu adalah pembagian hadiah oleh Bapak Thomas Siregar, selaku Kepala Museum KAA serta perwakilan Kementrian Luar Negeri. Pembagian hadiah berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai Museum KAA.

Yang cukup menarik selama berlangsung senam 1000 anak adalah adanya “sinchan”. Ia juga ikut memimpin senam 1000 anak, dengan suaranya yang khas. Arsi (9) mengaku cukup senang, mengikuti acara senam 1000 anak ini. Beberapa anak yang tidak menggunakan seragam juga terlihat mengikuti senam dengan semangat. Mereka ternyata adalah pengunjung acara yang ingin ikut walaupun bukan perwakilan dari Sekolah.

Senam 1000 anak ini juga bukan hanya untuk anak-anak. Para Bapak dan Ibu Guru terlihat melakukan gerakan-gerakan dengan semangat, apalagi ketika lagu India diputar, pinggang semua orang bergoyang.

Para pengunjung pun tidak peduli usia mereka, yang pada awalnya hanya menonton. Tetapi lama kelamaan mereka turun meramaikan Jalan Cikapundung Timur, mengikuti gerakan senam. Awali Pagi untuk Indonesia Sehat.

*

*

Top