Historical Bandung Walk Awali Rangkaian Acara HUT ke-59 KAA

Rombongan Bandungan Historical Walk . ( Photo : Emeralda Aisha )

Rombongan Bandungan Historical Walk . ( Photo : Emeralda Aisha )

Pukul 07.30 WIB (17/04), Historical Bandung Walk, mengawali rangkaian acara peringatan ulang tahun ke-59 konferensi Asia Afrika. Historical Bandung Walk diawali dari hotel Grand Preanger sampai Jalan Cikapundung Timur, dan diikuti oleh para delegasi dari Duta Besar Negara Sahabat, para saksi sejarah, serta tamu undangan yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dan Kepala Museum Konperensi Asia Afrika, Thomas Siregar.

Rombongan berjalan secara perlahan sambil bernostalgia di Jalan Asia Afrika, Master of Ceremony menerangkan sejarah Jalan Asia Afrika. Para Delegasi juga terhenti beberapa kali di beberapa banner foto-foto KAA yang dipasang di beberapa spot. Desmond Satria, pemandu Museum KAA menerangkan isi banner-banner tersebut kepada para delegasi. Tentu saja delegasi juga berhenti di depan Hotel Savoy Homann, dan di depan Gedung Merdeka.

Ketika delegasi berjalan di depan Museum KAA, ada sekitar 600 anak dari berbagai SD, SMP dan SMA di kota Bandung menyambut rombongan Historical Bandung Walk. Mereka telah bersiap dengan seragam putih merah, putih biru, putih abu dan seragam pramuka, sambil melambaikan bendera kertas Asia Afrika yang telah diberikan. Ditengah cuaca yang cukup terik, mereka menggunakan topi Hut ke-59 yang diberikan, topi tersebut cukup membantu menghindari sinar matahari serta menyeragamkan mereka semua. Sambil berteriak “merdeka”, tersenyum sumringah, dan melambaikan bendera dari 106 negara Asia Afrika, mereka berdiri sangat antusias menyambut rombongan.

Delegasi kemudian tiba di depan Gedung Merdeka, rombongan disambut oleh tarian selamat datang dari “Lembur Kenduri”. Tarian tersebut diawali dengan tarian pembawa bendera dan tarian kipas yang kemudian mengiringi rombongan berjalan dari Gedung Merdeka sampai ke panggung utama di Jalan Cikapundung Timur.

Akhirnya rombongan delegasi Bandung Historical Walk sampai di Jalan Cikapundung Timur. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera 106 negara Asia Afrika beserta 1 bendera PBB oleh lebih dari 200 anggota Pramuka Siaga kota Bandung.

*

*

Top