Donor Darah, Dari Bandung dalam Semangat Asia-Afrika

Hari ini merupakan hari kedua peringatan Hari Ulang Tahun Museum Konperensi Asia Afrika yang ke – 59 yang digelar sejak 17 April 2-14 sampai 24 April 2014. Serangkaian acara menarik nan mewah tak luput dengan sentuhan budaya tradisional menjadi suatu kesatuan yang luar biasa. Salah satu kegiatan kemanusiaan yang menjadi sorotan dalam HUT KAA ini adalah kegiatan donor darah.

Cek tekanan darah

Kegiatan donor darah ini dilakukan oleh Unit Satuan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Tenda merah di jalan Cikapundung Timur menjadi penanda sedang dilangsungkannya kegiatan ini sejak pukul 11.00 WIB sampai 15.00 WIB.

 

Dalam kegiatan ini, PMI Kota Bandung menargetkan sebanyak 120 kantung darah. Para pengunjung begitu antusias untuk mendonorkan darahnya. Antrian pun tak dapat dihindarkan. Bahkan ada beberapa calon pendonor yang rela mengantri selama satu jam untuk mendonorkan darah. Tampak sudah, bahwa masih terselip jiwa kemanusiaan oleh para pengunjung HUT KAA ini. Tak salah rasanya untuk menjadikan kegiatan donor darah ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT KAA.

20140419_134238[1]

Menurut dr. Yeti, selaku dokter yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, para calon pendonor kebanyakan berasal dari kalangan muda. Menurutnya, kegiatan donor darah bisa menjaga kesehatan. Untuk menjadi pendonor ada beberapa syarat yang harus diikuti, seperti usia 17 – 60 tahun, berat  badan minimal 47 kg, sedang tidak sakit dan tidak melakukan donor darah dalam 70 hari sebelumnya.

 

Sekitar pukul 14.30 sebanyak 120 kantong darah telah berhasil dikumpul. Setengah jam lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan. Nantinya kantung darah ini akan didistribusikan ke Rumah sakit yang membutuhkan kantong darah.

 

Kegiatan donor darah merupakan salah satu bentuk dari Bandung Spirit, seperti yang tertuang dalam Dasasila Bandung tepat 59 tahun yang lalu. Semangat tersebut kembali ditularkan melalui kegiatan kemanusiaan, donor darah dalam rangka peringatan HUT KAA ke – 59.

*

*

Top