Kebesaran dan Rahmat Tuhan dalam Perayaan 59 Tahun KAA

Pemukulan Djimbe yang menandari pembukaan Friendship Day 2014. (Foto: Yudha PS)

Pemukulan Djimbe yang menandari pembukaan Friendship Day 2014. (Foto: Yudha PS)

Tuhan menunjukkan kebesaran dan rahmatnya dalam rangkaian acara peringatan HUT ke-59 Konferensi Asia Afrika. Demikian disampaikan Direktur Diplomasi Publik Kementerian Republik Indonesia Al Busyra Bashnur. Beliau menyampaikan hal ini dalam pembukaan Friendship Day HUT ke-59 KAA.

Lebih lanjut, Bashnur menyampaikan bahwa kebesaran dan rahmat Tuhan ini tampak sejak pembukaan HUT ke-59 KAA pada Kamis, 17 April 2014 lalu. Salah satunya adalah cuaca yang sangat kondusif selama kegiatan. “Panitia dan pengunjungnya juga mendapatkan kesehatan untuk datang dan merasakan getar Konferensi Asia-Afrika 59 tahun silam,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Bashnur sendiri kagum dengan penyelenggaraan perayaan Konferensi Asia-Afrika tahun ini. Menurutnya, kekagumannya tidak hanya diberikan untuk Sahabat MKAA dan relawannya selaku panitia kegiatan. Namun juga pada masyarakat Bandung pada umumnya. Pasalnya, masyarakat Bandung yang kreatif, terbuka, bersahabat, dan dinamis turut menyumbangkan kontribusi terhadap keberhasilan perayaan Konferensi Asia Afrika setiap tahunnya, termasuk tahun ini.

Bandung sendiri, menurut Bashnur, tidak hanya sebagai pusat sejarah Indonesia, tetapi juga sejarah dunia. Kota ini dikenal sebagai Ibu Kota Asia-Afrika hingga saat ini. Julukan ini tentu bukan sembarang julukan. Namun, hasil jerih payah dalam mensukseskan KAA pada 1955 silam.

Oleh karena itu, atas nama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bashnur menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada masyarakat Bandung. Lebih lanjut, beliau memohon partisipasi dan dukungannya selama penyelenggaraan perayaan 59 tahun KAA. “Sehingga kita bisa terus memelihara semangat Bandung,” tandasnya.

Pertunjukkan Seni dan Budaya Asia-Afrika

Dalam Friendship Day 2014 ini, Museum Konperensi Asia-Afrika menggelar berbagai pertunjukkan seni dan budaya. Acara yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 19-20 April 2014 ini, akan menampilkan seniman dan budayawan dari Bandung dan sekitarnya.

Kepala Museum KAA Thomas Ardian Siregar, menyampaikan bahwa pertunjukkan ini mengedepankan nilai-nilai semangat Bandung. Mereka akan berkolaborasi dalam Stage dan Street Performance di sepanjang jalan Cikapundung Timur. “Semoga acara ini mampu menunjukkan seni dan budaya Asia-Afrika. Sehingga terjalin kerjasama antara kita bersama,” harap Thomas.

Prosesi pembukaan Friendship Day 2014 ini menandai rangkaian acara Stage and Street Performance HUT ke-59 KAA. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan pertunjukkan Padepokan Seni Pencak Daya Sunda Anak Cabang Cikuya, Sim Liong Barongsai Wihara Dharma Ramsi, dan United States of Bandung Percussion.***

Tags

*

*

Top