MKAA Gelar Press dan Media Gathering Event Peringatan HUT KAA

Dalam rangka mensosialisasikan rangkaian acara HUT KAA yang digelar mulai 18 hingga 24 April 2014, Museum Konferensi Asia Afrika mengadakan “Press & Media Gathering Dinner Peringatan HUT KAA” pada Jumat, tanggal 11 April 2014 lalu. Acara yang bernuansa santai ini diadakan di restoran Kedai Nyonya Rumah dan dihadiri oleh jurnalis dari berbagai media, termasuk perwakilan dari Citizen Journalism Sahabat Museum Asia Afrika.

Thomas Siregar, selaku Kepala Museum Asia Afrika, dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasihnya atas kontribusi media dalam mensukseskan acara akbar yang diadakan setiap tahun tersebut. “Acara peringatan Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu cara kami untuk menekankan pentingnya nilai-nilai sejarah serta value positif lainnya kepada generasi terkini. Namun tentunya itu akan sulit dilakukan tanpa peran media. Tanpa rekan-rekan media, mungkin gaung acara ini tidak akan terasa,” kata Thomas.

Selain media, gathering dinner ini juga dihadiri tamu yang cukup luar biasa, yaitu Inin Rusnan, saksi hidup Konferensi Asia Afrika, serta Leo Kristi, musisi folk yang kondang di era tahun 70-an.

Inin Rusnan yang berperan langsung dalam Konferensi Asia Afrika diadakan di tahun 1955 itu pun membagi sedikit kisah hidupnya. Semenjak putus sekolah setelah SMA, beliau mulai menekuni dunia fotografi. Di usia 17 tahun, beliau berhasil menjadi fotografer KAA termuda. Beberapa foto hasil karyanya bahkan ada yang diterbangkan ke negara-negara peserta KAA lainnya untuk dipamerkan di sana.

Sedangkan Leo Kristi yang mendapat giliran sambutan pamungkas menyampaikan bahwa nilai-nilai positif sejarah dapat disalurkan melalui banyak sekali media, seperti misalnya musik. “Melalui musik, kita bisa menyajikan sesuatu yang bermakna dalam bagi pendengarnya, tidak terkecuali semangat cinta negara,” demikian Leo menutup sambutannya.

*

*

Top