Ngobrol Sore dengan Pemenang Bandung Historical Study Games

Ketika suasana keramaian (20/4/14) di Museum Asia Afrika (MKAA) mulai reda, empat orang pemuda tengah antusias berbicara dengan salah seorang Staff MKAA, Bapak Desmon. Terlihat sebuah trophy, bingkisan dan juga amplop di tangan mereka. Sesekali suara tawa pecah diantara mereka.

Hendi, Aldila, Tendy, dan Aldion. Mereka adalah kelompok yang memenangkan tempat ketiga dari perlombaan Bandung Historical Study Games (BHSG).

Hendi yang seorang Guru di Sekolah Menengah Umum 11 kota Bandung, memaparkan persiapan, tips trik, kesan, serta pesan mengenai BHSG.

Mengetahui informasi dari internet (media sosial), ia mengumpulkan tiga orang lagi untuk dibentuk menjadi team demi mengikuti lomba ini. Persiapan yang dimulai sejak sebulan lalu terutama menyatukan waktu di mana dua orang team mereka masih menempuh Ujian Tengah Semester.

Membaca kembali sejarah, mencari tahu sejarah khusus yang berhubungan dengan Konperensi Asia Afrika, Dewi Sartika hingga Bandung Lautan Api.

IMG_20140420_174156

Kelompok 77, Pemenang III BHSG 2014

Meskipun perkiraan mereka mengenai soal yang harus dikerjakan saat perlombaan berlangsung meleset, mereka tetap mencoba kompak dengan semangat bahwa mereka adalah orang-orang yang peduli dengan sejarah. Terlebih mereka adalah Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Sejarah.

Diakhir bincang-bincang seru, mereka menaruh harapan untuk tetap mengingat sang Pahlawan Wanita asal Jawa Barat, Raden Dewi Sartika. Karena tak banyak generasi muda sekarang yang mengetahui bahwa beliau adalah seorang Emansipator Wanita pertama yang menghasilkan beberapa lembaga pendidikan khusus wanita di Jawa Barat.

Selamat ya, Sahabat !

*

*

Top