International Museum Day 2014

Poster International Museum Day 2014

Poster International Museum Day 2014

 

Hari Museum Internasional (International Museum Day atau IMD) merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun sekitar atau pada tanggal 18 Mei. Penyelenggaraan acara ini pertama dicetuskan oleh International Council of Museums (ICOM) di tahun 1977 sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi museum di seluruh dunia. Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap pentingnya peran museum dalam perkembangan masyarakat sekaligus mempererat relasi yang terjalin antara koleksi masing-masing museum dengan para peminatnya.

Setiap tahunnya, ribuan museum di seluruh dunia berpartisipasi merayakan Hari Museum Internasional melalui beragam aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Jumlah museum yang ikut serta pun bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012, misalnya, terhitung 30.000 museum dari 129 negara berbada yang ikut berpartisipasi. Di tahun berikutnya, yaitu 2013, angka ini kemudian berlipat menjadi 35.000 museum dari 143 negara. Tentu ini menunjukkan kecintaan terhadap museum yang semakin meningkat.

Tidak hanya itu, Hari Museum Internasional mengusung tema yang berbeda-beda dalam setiap perayaanya. Di tahun 2014 ini tema yang diangkat adalah “museum collections make connections” atau “koleksi museum pembangun koneksi”. Sejumlah museum dari berbagai penjuru dunia pun telah mempersiapkan rangkaian acaranya masing-masing untuk merayakan tema ini, tak terkecuali Museum Konperensi Asia Afrika.

Sebagai salah satu museum yang menjadi saksi sejarah penting dalam menyatukan bangsa-bangsa Asia Afrika, Museum Konperensi Asia Afrika pun menyambut antusias hari istimewa ini. Dengan mengacu pada tema tahun ini,Museum Konperensi Asia Afrika akan menampilkan sisi unik dari dua kebudayaan yang berbeda, yaitu Jepang dan Indonesia, melalui “Pameran Katana dan Keris”. Tidak hanya pameran senjata pusaka tersebut, Hari Museum Internasional ala Museum Konperensi Asia Afrika ini juga akan diwarnai oleh pertunjukan kesenian dari masing-masing negara, workshop pembuatan Katana Jepang, serta Wisata Museum Malam Hari (Night at the Museum) yang tak kalah mengasyikannya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai rangkaian kegiatan Hari Museum Internasional yang diselenggarakan Museum Konferensi Asia Afrika pada Sabtu, 17 Mei 2014, kunjungi link berikut: http://asianafricanmuseum.org/ai1ec_event/hari-museum-internasional-2014-pameran-katana-keris/?instance_id=709

 

*

*

Top