Sahabat Museum Asia Afrika Goes To Museum Week

Bertepatan dengan hari Raya Waisak, 15 Mei 2014, Sahabat Museum Asia Afrika (SMKAA) bertolak ke Jakarta untuk menghadiri undangan The Jakarta Post.

Acara yang digelar untuk memperingati International Museum Day ini bertempat di Atrium Plaza Senayan City.

Dari Bandung teman-teman SMKAA berangkat tepat pukul 06.30 wib. Suasana bis yang berisi 40 orang terasa sunyi. Sebagian melanjutkan tidurnya yang terpotong untuk berkemas, sebagian lagi asik dengan up-date-an statusnya di media sosial.

Ketika matahari mulai hangat menerpa, bis memasuki pelataran parkir gedung Kementerian Luar Negeri di jalan Asia Afrika, Jakarta. Kami pun disambut hangat oleh beberapa staff dan juga  satpam yang bertugas di sana.

Instruksi dari ketua SMKAA, Miss Della, mengharuskan semua anggota untuk menuju Plaza Senayan City. Jarak tempat pemberhentian bis dengan tempat acara ternyata cukup dekat. Teman-teman SMKAA berjalan santai sambil merasakan hangatnya udara di Minggu pagi kota Jakarta.

Museum Week 2014 sendiri dimulai pada hari Selasa (13/5) dengan diikuti lebih dari 10 museum dari Jakarta dan Bandung. Ternyata, ada satu Museum baru yang ikut menyemarakan acara Museum Week ini yaitu Virtual Museum.

Virtual Museum menyediakan tiga Oculus Rift, Kacamata virtual, yang memperlihatkan kepada pengunjung era Majapahit dalam teknologi 4D.Seru!!!

Pada hari itu Museum Asia Afrika, Museum Nasional, Museum Bank Indonesia , Museum Sejarah Jakarta , Museum Polri , Museum Wayang, Museum Proklamasi, hingga Museum Basuki Abdullah ramai dikunjungi masyarakat. Mungkin sekitar 500 orang hadir di acara yang menampilkan kegiatan interaktif di setiap booth.

Oh iya, Sahabat Museum Asia Afrika, mengadakan dua kali Talk Show dan juga perkenalan mengenai aktivitas-aktivitas apa yang berlangsung di Museum Asia Afrika (MKAA) saat ini.

Talk show pertama menampilkan Bapak Thomas Siregar, selaku Ketua MKAA, dan juga Bapak Desmon Satria selaku Staff dari MKAA.

Museum Week2

Ketika senja mulai menyapa, rombongan SMKAA pun bersiap untuk pulang. Oleh-oleh ilmu, pengalaman dan juga teman baru menjadi cerita indah yang wajib untuk di bagi ;-).

*

*

Top