Menyambut KAA, 109 Bendera Negara Asia-Afrika Dikibarkan

IMG-20150418-WA0002

Sebanyak 350 anggota Pramuka Kwartir cabang Kota Bandung mengibarkan bendera 109 negara Asia-Afrika dan 1 bendera Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Gedung Merdeka Rabu (15/4/2015) pada pukul 07.0U WIB. Upacara tersebut menandai dimulainya rangkaian kegiatan dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka.

109 bendera negara Asia-Afrika dan 1 bendera Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) yang dikibarkan Kewarcab Kota Bandung akan berkibar selama dua pekan, terhitung mulai tanggal 15 Hingga30 April 2015. Upacara tersebut menarik perhatian warga yang melintas di depan Gedung Merdeka.

“Pengibaran 109 bendera tersebut merupakan inisiatif kita yang menandakan bahwa Bandung siap menyambut pelaksanaan KAA Ke-60 nanti,”tutur Kepala Museum KAA Thomas A. Siregar.

Beliau menuturkan Bahwa Pasukan Pengibar Bendera dari Kwarcab Kota Bandung yang berjumlah 350 orang telah medapatkan pelatihan intensif dan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan sejarah mengenai Konferensi Asia Afrika.

“Mereka (anggota Pramuka) begitu giat berlatih untuk pengibaran bendera hari ini. Malahan saya lihat sampai malam mereka latihan di halaman Gedung Merdeka,”tutur Kepala Museum KAA, Thomas Siregar kepada Jurnativist Sahabat Museum KAA.

Dedy Dharmawan selaku Ketua Harian Pramuka Kwarcab Kota Bandung juga menuturkan bahwa pasukan pengibar Dari Pramuka Kwarcab Kota Bandung telah melalalui seleksi yang ketat, terdapat kurang lebih 500 anggota yang mengikuti seleksi dan hanya 350 anggota yang terpilih dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda, baik itu SMP, SMA, maupun Mahasiswa.

Disaat yang bersamaan, inspektur upacara Dedy Dharmawan berkesempatan untuk memberikan amanat dalam Upacara tersebut, beliau mengatakan bahwa”suatu kesempatan yang langka kita bisa berdiri disini dan menjadi bagian dari peringatan KAA ke-60, maka patut berbanggalah kita”.

Upacara tersebut turut di meriahkan oleh penampilan marching Band Dari Bahana Technical Corps SMKN 6 Bandung dan penampilan musikalisasi pidato sukarno pada pembukaan KAA pada tahun 1955 oleh Adew Habsta dan Lelyana.

Setelah upacara selesai, peserta upacara tidak langsung meninggalkan tempat upacara, peserta upacara nampakantusias menyaksikan berbagai bendera berdiri tegak di sekeliling Gedung Merdeka.Tak hanya itu, pengibaran bendera tersebut dimanfaatkan peserta upacara dan warga sekitar untuk mengabadikan upacara tersebut dengan berfoto selfie di sekitar Gedung Merdeka, terutama di jajaran tiang-tiang bendera.

(Gerry Ginanjar/Journativist)

 

*

*

Top