Persiapan Kongres 3 Negara Esperanto

Suasana Rapat Persiapan Kongres 3 Negara Esperanto di Sekretariat Sahabat MKAA. Photo by: Agistya

 

BANDUNG – Hari ini, Senin (21/3), sekretariat Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA) tengah disibukkan dengan persiapan Kongres 3 Negara Esperanto. Tiga negara yang menjadi sponsor Kongres ini adalah Indonesia, Australia dan Selandia Baru. Mulai pukul 09.00 WIB, rapat dimulai dengan membahas runtutan acara dan segala logistik yang dibutuhkan. Rapat Persiapan ini dipimpin oleh Desmond Satria Andrian dan dihadiri oleh anggota Esperanto, Public Educator Corps dan Journativist.

Rencananya Kongres 3 Negara ini akan berlangsung selama 6 hari yang dimulai pada hari Kamis (23/3) hingga hari minggu (28/3) di Hotel Image. Untuk memeriahkan kongres ini, panitia juga mengadakan beberapa acara seperti film screening, touring keliling museum, kelas belajar Esperanto, pameran, Night at the Museum, dan penampilan akustik dan reggae. Khusus untuk Night at the Museum dan penampilan akustik serta reggae ditujukan untuk umum. Acara tersebut dilaksanakan di kawasan Museum KAA.

Qonita, ketua panitia lokal, mengharapkan kongres tersebut dapat menghasilkan resolusi yang akan dilanjuti oleh 3 negara khususnya dan umumnya seluruh Esperanto dunia mengenai nilai-nilai persaudaraan, kerjasama dan hidup berdampingan secara damai yang sesuai dengan nilai-nilai KAA tahun 1955.

Kongres seperti ini sebelumnya pernah digelar di Bogor pada tahun 2013 yang bekerjasama dengan MKAA dan SMKAA. (Agistya)

*

*

Top