Indonesian Youth Speak Summit AIESEC 2016, Ajang Pemuda untuk Berpendapat

l

Indonesian Youth Speak Summit AIESEC tahun ini telah dilaksanakan pada Minggu (30/04/2016) kemarin dengan mengangkat tema ‘Mobilizing Youth Sustainable Development Goals’.

 

Bandung – Puncak dari acara Indonesian Youth Speak Summit AIESEC 2016 digelar di Gedung Merdeka. Indonesian Youth Speak Summit tahun ini diselenggarakan dengan mengangkat tema ‘Mobilizing Youth Sustainable Development Goals’.

Ketua Pelaksana Indonesia Youth Speak Summit, Izzaturrahman, menyatakan bahwa acara ini merupakan sarana bagi para pemuda untuk menyuarakan pendapatnya demi tercapainya Sustainable Development Goals (SDG).

“Jadilah pemuda yang berpartisipasi aktif untuk pembangunan Indonesia,” kata Izzaturahman, Sabtu (30/4/2016).

Acara yang telah dilaksanakan di 10 kota besar di Indonesia ini menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidangnya, seperti dalam bidang sosial dan lingkungan, entrepreneurship, serta politik.

Beberapa tokoh tersebut diantaranya, UNFPA Indonesia Assistant Representative Martha Santoso Ismail, Presiden AIESEC Indonesia Surya Darma, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Head of Offline Marketing Kudo Teknologi Indonesia Firman Ardiansyah, Co-Founder of Banana Group Fenny M. Dwivany, Head of Go-Life Marketing Gojek Yaumi Fauziah, dan Marketing Communication Manager Kudo Teknologi Indonesia Karina Suhendra.

Dalam bidang sosial dan lingkungan diisi dengan penjelasan mengenai SDG oleh Martha Santoso Ismail dari UNFPA Indonesia Assistant Representative. Ia menjelaskan awal mula lahirnya SDG hingga visi dan misi dari SDG.

“SDG merupakan hasil pembicaraan lintas negara yang menghasilkan 17 tujuan, diantaranya No Poverty, Zero Hunger, Good Health and Well-Being, Quality Education, Gender Equality, Clean Water and Sanitation, Affordable and Clean Energy, Decent Work and Economic Growth, Industry-Innovation-Infrastructure, Reduced Inequalities, Sustainable Cities and Communities, Responsible Consumption and Production, Climate Action, Life Below Water, Life on Land, Peace-Justice-Strong Institutions,danPartnership for The Goals,” papar Martha.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Surya Darma yang mendorong setiap pemuda Indonesia untuk berkontribusi dan merealisasikan impiannya bagi Indonesia demi terciptanya Indonesia yang bermartabat.

Dari lingkup politik dan perekonomian, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, berpendapat sama dengan Surya dalam mendorong para pemuda untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Ia berpendapat, jika setiap pemuda konsisten pada tujuannya, maka setiap pemuda bisa memberikan perubahan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk negaranya.

“Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara yang hebat karena memiliki sumber daya alam dan manusia yang bagus,” kata Rizal. (Risa/JT)

*

*

Top