Workshop Menulis bersama Journativist, Upaya Ajakan Menulis untuk Seluruh Sahabat MKAA

_DSC0040

Yudha P. Sunandar, selaku pemateri dari acara Workshop Menulis bersama Journativist, sedang memberikan materi penulisan feature pada Sabtu (14/05/2016) lalu.

Bandung – Acara perdana Korps Journativist SMKAA bertajuk ‘Workshop Menulis bersama Journativist’ telah berlangsung pada Sabtu (14/052016) kemarin. Bertempat di ruang Galeri 1 Museum Konperensi Asia Afrika, acara dibuka dengan keynote speech yang disampaikan oleh Wim Tohari Danialdi, selaku Direktur Forum Studi Asia Afrika, yang mengungkapkan apa pentingnya menulis bagi semua orang.

“Dengan menulis kita bisa mendapatkan empat hal. Pertama, untuk menciptakan peradaban, kedua, ilmu itu liar sehingga harus kita ikat dengan tulisan, ketiga, menulis itu terkait dengan susunan posisi berpikir kita sebagai manusia, dan yang terakhir dengan tulisan kita bisa mempersatukan keragaman kita,” jelasnya dalam pembukaan acara workshop tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Yudha P. Sunandar, sebagai salah satu tutor Klab Journativist. Workshop ini dimulai dengan diskusi mengenai tujuan dari website milik Sahabat Museum KAA. Selanjutnya, para peserta diberi berbagai pengetahuan mengenai menulis. Seperti alur menulis, cara menulis, dan tips-tips yang dibutuhkan untuk menulis. Para peserta dituntut untuk belajar menuliskan idenya, dan pada akhir acara beberapa peserta pun ada yang membacakan hasil tulisannya.

Acara yang dihadiri oleh anggota-anggota dari berbagai klab lainnya itu bertujuan untuk mengajak anggota Sahabat Museum KAA lainnya untuk lebih memiliki keberanian untuk menulis. Karena hadirnya website Sahabat MKAA tidak hanya sebagai media berita, tapi juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap publik.

“Kita disini tidak hanya menuliskan berita, tapi kita juga menyuarakan nilai-nilai Bandung Spirit pada masyarakat. Karena disini kita berperan sebagai Sahabat MKAA, yang lebih tahu tentang nilai-nilai tersebut,” ujar Yudha sebagai penutup. (Sheila/JT)

*

*

Top