SMKAA Melangkah dalam Rangkaian Milangkala SMKAA ke-6

SMKAA Melangkah

Para peserta sedang memainkan game di salah satu pos pada acara SMKAA Melangkah pada Sabtu (18/02) pagi tadi.

BANDUNG – Februari tahun ini Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika (SMKAA) genap berulang tahun yang ke-6. Dalam Milangkala SMKAA ke-6 ini akan ada rangkaian acara seperti tahun-tahun sebelumnya, diantaranya SMKAA Melangkah, Panggung Milangkala, Pameran SMKAA, dan Night at the Museum. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan SMKAA Melangkah yang merupakan kegiatan game post to post. Acara SMKAA ini diikuti empat kelompok dengan jumlah 38 orang.

Di pos pertama, peserta SMKAA melangkah ditugaskan untuk menulis pesan dan kesan selama menjadi anggota SMKAA, serta mencocokkan nama dan foto petinggi-petinggi SMKAA. Game ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan selama menjadi anggota SMKAA.

Lalu di pos kedua, peserta diminta untuk membuat jembatan yang mampu menahan beban sebanyak lima air mineral dalam gelas. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kreatifitas dan kerjasama antar anggota klab SMKAA.

Untuk pos ketiga, peserta diminta untuk menuliskan resolusi mereka untuk SMKAA dan kemudian menaruh di dalam botol. Lalu di pos yang keempat dan terakhir, peserta diberikan sebuah kalimat yang rancu untuk mereka susun menjadi sebuah petunjuk untuk tugas terakhir mereka, yaitu swafoto di suatu tempat yang dapat mereka cari melalui petunjuk tersebut.

Ketua pelaksana SMKAA Melangkah Hanifa Dwi Pinasti atau yang biasa dipanggil Ge, menilai SMKAA Melangkah adalah bentuk kegiatan yang diharapkan dapat mengakrabkan setiap anggota klab SMKAA melalui game dari setiap pos.

“Arti melangkah dalam acara ini adalah step by step seperti berjalan di tangga. Setiap anak tangga dilewati selangkah demi selangkah sehingga prosesnya benar-benar terasa,” ucapnya saat ditemui ketika di pos dua.

“Jika anak tangga dilewati dua atau tiga secara sekaligus akan mengakibatkan dampak yang kurang bagus,” pungkasnya.

Peserta SMKAA sendiri merasa tidak kesulitan untuk melewati pos-pos yang sudah disediakan. Sarah, peserta SMKAA Melangkah yang berasal dari klab Asia Barat Daya (Abada) berkata bahwa mereka sudah melakukan persiapan sebelumnya.

“Kerjasama adalah inti dari kegiatan ini,” ujar Sarah. (Nurin, Shella/JT))

*

*

Top