Pembukaan Rangkaian Peringatan 62 Tahun Konperensi Asia Afrika di Bandung

 

 

upacara 2

Suasana pengibaran 109 bendera negara-negara Asia Afrika dan PBB pada Selasa (18/04) yang berlangsung di Jalan Soekarno.

BANDUNG – Rangkaian peringatan 62 tahun Konperensi Asia Afrika (KAA) dibuka oleh acara pengibaran 109 bendera negara-negara Asia Afrika dan PBB pada Selasa (18/04). Pengibaran dilakukan dari Jalan Braga (seputaran Museum KAA) sampai Jalan Soekarno oleh 400 anggota Pasukan Pramuka Kwarcab Kota Bandung.  Proses pengibaran bendera diiringi oleh drumben dari SMPN 12 Bandung yang dilanjutkan oleh penampilan lagu “Indonesia Raya”. Acara ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA Kota Bandung.

“Konperensi Asia Afrika merupakan konferensi pertama di dunia yang dilaksanakan untuk bangsa kulit berwarna. Tujuannya adalah untuk menghapus penjajahan dan membangun kerjasama  diantara bangsa-bangsa di Asia dan Afrika,” jelas Duta Besar T. F. Cornellius selaku inspektur upacara dalam sambutannya.

Salah satu indikator keberhasilan konferensi ini dapat dilihat dari negara-negara berkembang di Asia-Afrika yang mulai memainkan peran penting dalam hubungan dan ekonomi internasional. International Monetary Fund (IMF) memprediksikan dalam kurun waktu lima tahun, Afrika akan menjadi benua dengan pertumbuhan ekonomi terpesat.

“Pergeseran ekonomi global di Afrika yang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi global dalam satu dekade terakhir. Bahkan pertumbuhan ekonomi di Afrika telah mendekati pertumbuhan ekonomi di Asia,” imbuhnya.

Acara ini ditutup oleh penampilan lagu “Halo-halo Bandung” dari drumben SMPN 12. Rangkaian acara Peringatan 62 Tahun KAA ini akan berlangsung selama sepekan dan berakhir pada Senin (24/04) mendatang. (Aulia, Gilang/JT)

Related posts

*

*

Top