Penurunan Bendera Asia-Afrika dan PBB Menutup Rangkaian Peringatan 62 tahun KAA

IMG_5738

Para anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Bandung yang bertugas dalam acara penurunan 109 bendera negara Asia-Afrika dan bendera PBB pada Senin (24/04) yang berlangsung di Jalan Soekarno hingga jalan Braga.

BANDUNG – Rangkaian peringatan 62 tahun Konperensi Asia Afrika ditutup oleh acara penurunan 109 bendera negara Asia-Afrika dan bendera PBB. Penurunan bendera dilakukan oleh sekitar 300 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Bandung dari Jalan Soekarno hingga jalan Braga. Acara yang berlangsung pukul 16.00 WIB ini dihadiri oleh staf Museum KAA, Sahabat MKAA, dan perwakilan anggota pramuka dari beberapa sekolah di Kota Bandung.

Peringatan ini dilaksanakan karena peran KAA sendiri bagi Indonesia menurut Kepala MKAA Meinarti Fauzie merupakan kesatuan diplomasi dari berbagai negara di Asia-Afrika untuk dapat meningkatkan rasa kesatuan juga menghapuskan perbedaan sesuai dengan Dasasila Bandung.

“Antusias dari masyarakat begitu menggelora saat mengetahui adanya Konperensi Asia Afrika. Semangat itu pun masih relevan hingga sekarang, sehingga diharapkan semangat ini terus berlanjut agar anak-anak muda mengenal sejarah, karena adanya sebuah peristiwa tidak akan luput dari sejarah,” tambah Meinarti.

Acara yang dilaksanakan satu tahun sekali ini pun dianggap sebagai kesempatan yang luar biasa bagi Paskibra Kota Bandung, yang telah melakukan proses seleksi dari bulan Maret. Latihan pun dilakukan selama dua minggu penuh sebelum pelaksanaan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Proses latihan berjalan lancar walaupun pasti ada sedikit kendala. Tapi ada kebanggaan tersendiri untuk saya untuk bisa terlibat di acara ini,” ungkap salah satu anggota Paskibra Kota Bandung, Anna.

Acara ini menarik banyak antusias masyarakat, terlihat kawasan Braga-Soekarno yang dipenuhi masyarakat yang ikut menyaksikan penurunan bendera tersebut. (Gita, Nira/JT)

Related posts

*

*

Top