Daftar Pemenang Indonesia Museum Award 2017

Indonesia Museum Awards yang kembali digelar dengan mengusung tema ‘Saying The Unspeakable’ ini berlangsung pada Sabtu malam (14/10) lalu.

BANDUNG, JOURNATIVIST SMKAA – Mengusung tema Saying The Unspeakable, Indonesia Museum Awards kembali digelar. Di tahun 2017 ini acara memasuki tahun ke-6 penyelenggaraan, dan tahun kedua Komunitas Jelajah melakukan penilaian museum. Acara yang digelar oleh Komunitas Jelajah ini sebagai apresiasi terhadap pengelola museum dan tokoh-tokoh yang peduli museum.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan turut hadir dan memberi kata sambutan dalam acara ini. Ia menjelaskan tentang pentingnya peran museum bagi masyarakat, lebih lanjut ia menceritakan tentang KAA pada tahun 1965 dan mengaitkannya dengan mudahnya mendapat informasi dari museum.

“Kalau misalnya kita ingin mengetahui sejarah KAA, ya tinggal datang saja ke Museum KAA, tidak perlu lagi membaca buku tebal-tebal,” ujar Ahmad Heryawan dalam sambutannya di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu (14/10/2017) malam.

Dahulu, acara ini hanya bernama Museum Awards, namun sejak 26 Agustus 2017 nama acara ini ditambah kata Indonesia di depan menjadi Indonesia Museum Award. Nama tersebut baru diresmikan dalam acara Hitung Mundur Indonesia Museum Awards di Museum Pendidikan Indonesia. Perubahan nama ini berdasarkan penilaian museum yang dilakukan oleh Komunitas Jelajah sudah menjangkau seluruh Indonesia.

Tahun ini Indonesia Museum Awards memberikan penghargaan Purwakalagrha untuk lima kategori utama, yaitu Museum Cerdas, Museum Cantik, Museum Bersahabat, Museum Unik dan Museum Menyenangkan. Masing-masing kategori terdiri dari 4-5 nominator. Banyak aspek yang menjadi poin penilaian dalam masing-masing kategori, seperti aspek estetika, aspek afeksi dan sosial, aspek riset dan kreasi, dan aspek kemampuan melestarikan kekayaan bangsa yang dimiliki museum.

Selain itu penghargaan juga akan diberikan kepada tokoh dan institusi yang dinilai telah memberikan kontribusi bagi perkembangan museum, yaitu Perguruan Tinggi Peduli Museum, Media Peduli Museum, Pengusaha Peduli Museum, Pejabat Peduli Museum, Pengabdian Sepanjang Hayat, Tokoh Peduli Museum.

Untuk kedua kalinya, Museum Konperensi Asia Afrika (MKAA) memenangkan penghargaan dengan kategori Museum Menyenangkan. “Kita bisa membuktikan bahwa MKAA adalah museum untuk semua orang, bukan hanya untuk yang tua, tetapi yang muda juga semuanya,” ujar Kepala MKAA Meinarti Fauzie saat diwawancarai terpisah seusai acara.

Ia sangat mengapresiasi kepada komunitas-komunitas atau teman-teman yang memberikan penghargaan. Menurut Meinarti bukan hanya penghargaan yang menjadi prioritasnya.

“Bukan sekedar penghargaan yang dikejar, tetapi yang diprioritaskan adalah menjadikan MKAA sebagai museum yang diterima dilapisan masyarakat,” tambahnya.

Pengisi acara dalam Indonesia Museum Awards kali ini adalah Jubin Kristianto, Keroncong Gaul, Tari Piring yang berasal dari Sumatera Barat, dan penampilan Operet Van Museum. Kolaborasi seni pertunjukkan antara para pengelola museum, pecinta museum dan para relawan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi terhadap kekayaan Indonesia.

Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang Indonesia Museum Awards 2017:

Museum Cerdas: Museum Ruwa Jurai Lampung

Museum Cantik: Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Bersahabat: Museum Benteng Heritage Banten

Museum Unik: Museum Andrea Hirata Belitung

Museum Menyenangkan: Museum Konperensi Asia Afrika Bandung

Perguruan Tinggi Peduli Museum: Universitas Negeri Yogyakarta

Media Peduli Museum: Media Indonesia

Pengusaha Peduli Museum: Ir. Ciputra

Pejabat Peduli Museum: Ahmad Heryawan

Pengabdian Sepanjang Hayat: Santosa

Tokoh Peduli Museum: B.J. Habibie

 

(Fariz, Iqbal, Yuliawati/JT)

*

*

Top