Diskusi Akhir Pekan: Menata Kembali Peran Dunia Ketiga

 

BANDUNG – Forum Studi Asia Afrika menggelar Diskusi Akhir Pekan bertema The Third World: Rebalancing, Restructuring, Reforming pada Sabtu, 27 Januari 2018. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Museum Konperensi Asia Afrika Meinarti Fauzi yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film dan diskusi panel.

Bahasan dalam diskusi kali ini adalah mengenai peran negara-negara dunia ketiga dalam sosial, budaya, politik, dan ekonomi saat ini yang dihubungkan dengan aspek historis yang berkenaan dengan Konperensi Asia Afrika.

Diskusi ini turut mengundang beberapa pemateri diantaranya Wawan Gunawan, Panji Haryadi, dan Desmond S. Andrian yang masing-masing memaparkan topik mengenai Gender in the Third World, Populism and Neo-Populism in the Third World, dan End or Myth of Third World Solidarity.

Wawan Gunawan menyentil isu diskriminasi perempuan dari sisi penyusunan peraturan daerah dimana butir-butirnya tidak selaras dengan persamaan gender. Selain itu diangkat pula topik mengenai partisipasi dan kualifikasi wanita dalam dunia politik.

Pemateri kedua yaitu Panji Haryadi memaparkan kajian mengenai teori populisme yang diintegrasikan dengan situasi di Indonesia saat ini.

Pemateri terakhir yaitu Desmond S. Andrian menjelaskan makna rebalancing, restructuring, dan reforming yang terkandung pada tema diskusi. Menjelaskan mengenai sisi-sisi historis solidaritas yang diusung dunia ketiga.

Acara kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberikan plakat. Dengan diskusi ini diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat yang tertarik pada kajian internasional. (Hana/JT)

Related posts

*

*

Top