SMKAA dalam 73 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Jika berbicara tentang 17 Agustus, bukanlah hal yang tabu, bukan? 17 Agustus memang bukan hal yang baru, tapi tidak dengan semangatnya. Semangat perayaan 17 Agustus bak “auto updated” dengan sendirinya dan selalu memberikan warna yang berbeda.

17 Agustus merupakan hari lahirnya bangsa Indonesia, tentunya tidak lagi asing jika seluruh bangsa merayakannya dengan suka cita. Antusias warga Indonesia menyabut hari kemerdekaan selalu menyuguhkan hal yang berbeda, namun selalu tetap satu jua. Semua yang dipersembahkan, selalu bertujuan untuk merepresentasikan bentuk perjuangan para pahlawan terdahulu dalam melawan Nipon dan Belanda dengan harapan Indonesia akan terus semangat ’45 dalam mempertahankan kemerdekaannya.

Lain diluar sana, SMKAA pun tidak mau ketinggalan dalam merayakan 73 tahun Indonesia sang negeri tercinta. Sebagai salah satu platform yang berisikan generasi muda yang cinta akan tanah airnya, para anggota SMKAA  dan juga ditambah dengan Staff dari MKAA melaksanakan upacara bendera dihari Jumat, 17 Agustus 2018 kemarin. Upacara bendera pun semata-mata dilakukan untuk menghormati para jasa pahlawan dibawah sang pusaka merah-putih, dengan diiringi lagu Indonesia Raya yang menambah kehidmatan upacara bendera. Upacara yang diselenggarakan di Situs Penjara Banceuy ini pun langsung dipimpin oleh Kepala Museum KAA, Ibu Meinarti Fauzie.

Ada yang unik dari upacara yang diselenggarakan kali ini, karena setiap peserta upacara diwajibkan mengenakan pakaian khas Indonesia. Para anggota SMKAA dan juga Staff MKAA pun bersolek khas Indonesia pada saat pelaksanaan upacara. Ada yang mengenakan batik, kebaya dan pangsi bagi laki-laki, juga tidak lupa dengan ikat kepala batiknya. Adapun pesan yang ingin disampaikan oleh Kepala Museum KAA dalam penetapan tema kostum kali ini yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk lebih memaknai hari jadi Indonesia ini, juga sekaligus menggambarkan Indonesia yang beragam namun tetap satu tujuan seperti Bhineka Tunggal Ika yang kita punya.

Kemeriahan 17 Agustus khas SMKAA pun berlanjut di Selasar Museum KAA dengan diikuti beberapa Staff Museum. Keseruan dilanjutkan dengan adanya lomba-lomba 17 Agustus tanpa menghilangkan khas isi dari Museum KAA dan keindonesiaannya. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan yaitu, menyusun puzzle tokoh KAA, tebak kata seputar SMKAA, lomba bakiak, dan masih banyak lagi. Tidak lupa, untuk memberikan apresiasi pada anggota SMKAA yang totalitas menggunakan kostum, diberikan hadiah kostum terbaik bagi peserta terfavorit. Selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, ajang untuk mempererat silahturahmi dan meningkatkan kekompakan antar anggota pun sebagai salah satu tujuan dari diselenggarakannya acara kali ini. (Mia/JT)

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top