Mukadimah Anggota Baru SMKAA 2018-2019

Foto bersama para anggota baru SMKAA 2018-2019

JT– Mukadimah penerimaan anggota baru Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA) 2018 dilaksanakan pada Minggu (16/9/18) bertempat di Gedung Merdeka. Acara di pandu oleh MC Uty dan Ryang yang berasal dari Klab Young Announcer dan dibuka oleh sambutan Koordinator Eksekutif SMKAA Nimrod Aulia lalu dilanjutkan sambutan dari Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie. Mukadimah termasuk dalam rangkaian acara puncak penerimaan anggota baru SMKAA. Sebelumnya telah dilakukan pendaftaran online, wawancara dan registrasi ulang bagi 175 anggota baru, yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembekalan materi dari masing-masing klab SMKAA.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film “Reflection Asian African and Beyond” dan video profil SMKAA. Pemutaran film dan video ini amat penting bagi anggota baru SMKAA untuk memberikan informasi mengenai Konferensi Asia Afrika dan relevansinya dengan kegiatan SMKAA. Diharapkan pada Mukadimah ini anggota baru SMKAA dapat memaknai Konferensi Asia Afrika sebagai sejarah penting bagi Indonesia dan dapat menerapkan nilai-nilai dasasila Bandung dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Suasana hangat dalam acara mukadimah anggota baru SMKAA 2018-2019

Selain itu disampaikan pula sejarah berdirinya SMKAA oleh Deni Rachman selaku pendiri dan Eks-Koordinator SMKAA. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa SMKAA bermula dari adanya kegiatan publik di MKAA yang berkaitan dengan nilai-nilai KAA. Kegiatan ini berkembang menjadi tadarus buku dan napak tilas sejarah KAA. Bermula dari kegiatan itulah tercetus ide munculnya Sahabat Museum Asia Afrika (SMKAA).

Kegiatan selanjutnya yaitu lebih mengenal sejarah Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, anggota baru SMKAA melakukan Tour Museum yang di pandu oleh klab Edukator. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan untuk memperkenalkan ruangan-ruangan yang ada di museum KAA juga sejarah-sejarah yang tertulis di ruang pameran tetap dan ruangan sejarah lainnya.

Tour Museum Konferensi Asia Afrika oleh klab Edukator

Mengenai harapan untuk anggota baru SMKAA, Prima, narahubung antara pihak MKAA dan SMKAA, mengingingkan adanya kegiatan yang lebih menghidupkan partisipasi semua klab, bukan hanya masing-masing klab saja. Menurutnya, kekompakan para anggota SMKAA harus terus dipupuk untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa MKAA dan nilai-nilainya masih terjaga hingga sekarang.

Laras selaku admin SMKAA dan penanggungjawab Mukadimah juga memiliki harapan yang tak jauh berbeda. “Semoga anggota baru SMKAA bisa bertahan dan betah disini. Yang terpenting adalah mereka memiliki sense of belonging. Karena dengan cara itu SMKAA bisa semakin kompak dan lebih baik lagi,” tuturnya.

Setelah mengukuti Mukadimah sampai selesai, Cut Syifa yang merupakan anggota baru SMKAA mengaku bahwa kegiatan ini sangat menyanangkan dan informatif, terutama bagi anggota baru agar bisa lebih mengetahui SMKAA dan tujuannya. Adapun harapan yang disampaikan yaitu semoga bisa mendapatkan teman baru, dan bisa berkontribusi di SMKAA. Tidak lupa pula seperti yang disampaikan Kepala Museum pada sambutan pembukaan Mukadimah, “Jadi relawan SMKAA itu penting dan keren lho”. (Xadira-Hana/JT)

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top