Peringatan Kemerdekaan RI ke-74 Bersama MKAA dan SMKAA

JT – SMKAA (Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika) menggelar acara peringatan kemerdekaan RI ke-74 pada Sabtu (17/8). Rangkaian acara dimulai dengan upacara bendera di situs sejarah penjara Banceuy pukul 07:00 WIB bersama pihak Museum KAA. Selain upacara bendera MKAA beserta SMKAA melanjutkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini dengan beberapa lomba khas 17 agustus yang bertempat di selasar timur Museum KAA.

Ada banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh beberapa anggota dari SMKAA dan staff museum KAA ini yang menggelar upacara kemerdekaan di Situs Penjara Banceuy, Kota Bandung.

Upacara kemerdekaan kali ini sangat terasa kental. Panitia dan peserta upacara diwajibkan menggunakan pakaian adat tradisional. “Saya cukup terkesan dengan upacara kali ini. Karena diadakan langsung di tempat deklarasinya proklamasi. Suatu kehormatan juga bisa upacara disini karena ini pertama buat saya.” Ujar Cahya, salah satu anggota dari SMKAA.

Ada pula alasan mengapa upacara ini dilaksanakan di penjara Banceuy, menurut Risman (sapaan akrabnya), panitia dari SMKAA sekaligus pembaca teks proklamasi, nuansa kemerdekaan semakin terasa di situs sejarah penjara Banceuy, “karena disini situs sejarah, ada juga penjara Soekarno dulu, jadi hawa-hawa kemerdekaan sebagai hasil dari perjuangan-perjuangan terdahulu sangat terasa.”

Acara dilanjutkan dengan perlombaan tebak lirik lagu, tebak kata, puzzle tokoh-tokoh bersejarah, dan lomba bakiak di selasar timur Museum KAA. Walaupun panas terik, antusias pun tidak melunturkan para peserta lomba dan panitia. Di penghujung acara diumumkan juara-juara pemenang lomba dan foto bersama.

“Merdeka menurut saya selain bebas, yaitu kita harus jadi orang yang lebih mandiri, kreatif, dan bermanfaat. Saya ikut semarak dirgahayu, sama-sama ikut mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah menjadikan bangsa Indonesia bisa menikmati kemerdekaan hari ini. Acara ini seru, rame, saya juga bisa jadi lebih kenal dengan sahabat-sahabat museum yang baru, semoga ke depannya bisa lebih meriah, unik, dan bervariatif” ujar Wisnu (staf museum KAA) menanggapi acara peringatan 74 tahun kemerdekaan RI bersama SMKAA.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh anggota dari SMKAA saja. Beberapa mahasiswa magang ikut hadir dan memeriahkan lomba 17 Agustus yang dilaksanakan langsung di Halaman Museum Asia Afrika. “Seneng. Acara perlombaannya seru sekali. Harus terus berlanjut acaranya.” Ujar Gisna. (JT/ Widi, Feby)

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top