Klab-Klab Sahabat Museum Konferensi Asia-Afrika

Konferensi Asia Afrika merupakan tempat dimana para pemimpin-pemimpin Asia Afrika melakukan pertemuan. Hasil dari pertemuan ini menghasilkan sepuluh poin Dasasila Bandung yang kemudian menjadi spirit kebersamaan Negara Negara di benua Asia Afrika dalam menyikapi situasi dunia ketika itu. Hingga saat ini spirit itu belumlah padam, spirit itulah yang ingin dibangun dan diperkenalkan oleh Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA) kepada masyarakat.

Bersama Museum Konferensi Asia Afrika, SMKAA dibentuk dalam rangka memfasilitasi program-program komunitas dalam mewujudkan solidaritas masyarakat Asia-afrika serta meningkatkan partisipasi publik untuk membangun generasi muda yang sadar akan sejarah serta turut andil menyampaikan nilai-nilai KAA kepada masyarakat melalui aktivitas-aktivitas klabnya. 

Sahabat Museum KAA memiliki 12 klab di bidang budaya, bahasa dan keterampilan.

Klab Budaya dan Bahasa:

  1.  Abada
    Abada merupakan klab yang bertujuan mengembangkan bakat dan kemampuan seluruh masyarakat umum terhadap bahasa, seni budaya dan hubungan Negara-negara Asia Barat daya.
    Instagram : @abadasmkaa
  2. Esperanto (Rugxa Furmiko)
    Rugxa Formiko dalam Bahasa Indonesia artinya adalah semut merah. Semut menguasai daratan di bumi dan populasi semut amat banyak. Maka dari itu, diharapkan Klab Bahasa Esperanto dapat menyebarkan nilai perdamaian seperti semut yang menyebar di seluruh daratan di bumi. Selain itu, Klab Esperanto ini bertujuan untuk mengajarkan dan menyebarluaskan Bahasa Esperanto yang membawa misi perdamaian dan kesetaraan dalam berbahasa.
    Instagram : @esperanto_asia_afrika
  3. Global Literacy
    Klab Global Literacy adalah sebuah klab diskusi yang mencakup literatur dan pemikiran-pemikiran kritis serta memupuk nilai-nilai KAA dalam kajianya. Klab ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota Sahabat Museum KAA literasi khususnya Bahasa Inggris, dengan diskusi buku berbahasa Inggris.
    Instagram : @globlitsmkaa
  4. Heiwa
    Klab Heiwa mempelajari budaya dan bahasa Jepang. Nama Heiwa diambil dari hasil penerjemahan terhadap 10 Dasasila Bandung yaitu Heiwa Jyuu Gensoku yang disingkat dan diambil menjadi Heiwa saja yang berarti perdamaian. Dan bangau merupakan lambang perdamaian bagi masyarakat Jepang.
    Instagram : @heiwa.smkaa
  5. Maghribi
    Klab Maghribi adalah sebuah klab yang memiliki kegiatan-kegiatan menyenangkan terutama membahas kebudayaan-kebudayaan Afrika Utara dan juga daerah-daerah yang telah dijajah oleh perancis lainya. Klab ini memiliki materi yang beragam, selain dapat mengenal budaya, anggota klab juga diberikan ilmu tentang berbahasa perancis dengan tujuan dapat memahami setiap artikel atau tulisan tentang budaya dengan baik
    Instagram : @maghribi_smkaa
  6. Nihao
    Klab Nihao menjadi wadah bagi yang memiliki ketertarikan terhadap bahasa dan budaya tiongkok serta meningkatkan pemahaman anggota Sahabat Museum KAA mengenai Bahasa dan Budaya Tiongkok melalui bahasa Mandarin.
    Instagram : @nihao.smkaa

 Klab Keterampilan:

  1. Cinemaker
    Klab Cinemaker adalah klab yang berfokus meningkatkan kapasitas anggota Sahabat Museum KAA dalam bidang pembuatan film independen. Sejak tahun 2013, Cinemkaer telah menelurkan satu angkatan dan memproduksi sebuah film pendek perdana, Brosur. Sejumlah karya klab ini diikutsertakan pada beberapa festival film nasional, seperti Festival Film Mahasiswa Indonesia. Biasanya Cinemaker juga sering praktik membuat after movie dari event-event yang diadakan oleh MKAA dan SMKAA.
    Instagram : @cinemaker.smkaa
  2. Guriang (Angklung)
    Klab Guriang merupakan klab bermain alat musik angklung, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi anggota Sahabat Museum KAA tentang salah satu Budaya Sunda. Hingga saat ini Guriang sukses tampil di berbagai acara yang diselenggarakan oleh Museum KAA seperti di Peringatan HUT KAA, Pekan Literasi, Milangkala SMKAA, Bandung Historical Study Games dan acara lainnya.
    Instagram : @guriang.smkaa
  3. Journativist
    Journativist merupakan salah satu klab Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA). Klab ini didirikan pada 16 Februari 2013 oleh Yudha P. Sunandar. Journativist merupakan klab yang menggeluti bidang jurnalistik. Arti dari Journativist adalah Journalist-Aktivis. Klab ini pun akan memberikan informasi terbaru kegiatan – kegiatan Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA).

    Salah satu tujuan Klab Journativist adalah turut andil dalam setiap fenomena atau peristiwa yang terjadi di dunia ini, Journativist akan hadir sebagai media informasi penyampaiannya. Warna biru dan orange yang terdapat dalam logo Journativist melambangkan jurnalistik yang tetap berusaha netral dalam menyalurkan informasi dalam berbagai perspektif tanpa adanya latar belakang apapun.
    Instagram : @journativist
  4. Klab Edukator
    Klab Edukator merupakan klab yang bertujuan untuk mengedukasi publik dengan nilai-nilai Semangat Bandung yang merupakan hasil dari KAA 1955.  Bentuk kegiatan Klab Edukator yaitu belajar sejarah, belajar diplomasi, praktik pemanduan, story telling dan pelatihan kemampuan lainnya yang berkaitan dengan pemanduan museum dan event management. Pembelajaran sejarah dan diplomasi dikemas dengan menarik melalui Kelas Pembekalan Sabtu. Klab Edukator juga membantu museum KAA dalam menyebarkan nilai KAA melalui One Product One Service (OPOS) seperti pemanduan Night at The Museum KAA (Jelajah Malam), mengorganisir Annual Event Bandung Historical Study Games, Weekend Tour Service, Tur Kawasan Jalan Asia-Afrika.
    Instagram : @klabedukator.smkaa
  5. Young Announcer
    Young Announcer beranggotakan orang-orang yang mempunyai minat terhadap dunia broadcasting dan sejarah, terutama sejarah Konferensi Asia Afrika.. Selain itu, di klab ini, para anggotanya dapat menambah pengalaman dan bertemu dengan teman-teman baru di setiap kegiatannya. Anggota YAC biasanya tampil dalam berbagai event yang digelar Museum, seperti Bandung Historical Study Games, Mukadimah SMKAA, Milangkala SMKAA, Pekan Literasi, dan event lainnya. Saat ini YAC juga sedang mengembangkan keberadaannya melalui podcast.
    Instagram :@young_announcer
  6. Young Crafter
    Klab merajut atau Young Crafter adalah sebuah klab yang bertujuan menularkan keterampilan merajut kepada kalangan remaja. Young Crafter ingin menumbuhkan jiwa wirausaha dikalangan remaja melalui produk rajutan.
    Instagram :@young.crafter_smkaa

Related posts

2 Comments

  1. Pingback: Menyambut Open Recruitment Anggota Baru SMKAA 2019 | SMKAA

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top